Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Terbaca

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca di komputer ataupun laptop sangat mudah dan tidak perlu di bawa ke tukang servis karena bisa diperbaiki sendiri. Masalah flashdisk yang tidak bisa terbaca merupakan masalah umum yang biasa ditemui pada flashdisk. Tidak perlu takut, flashdisk yang tidak bisa terbaca bukan karena flashdiksnya rusak bisa jadi karena pengaturan di komputer ataupun pengaturan dalam flashdisknya. Yang perlu dilakukan ketika flashdisk tidak bisa terbaca adalah memperbaiki pengaturannya.

Cara Memperbaiki Flashdisk tidak Terbaca

Adapun cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca secara mudah yaitu:

1. Cara pertama
Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca yang pertama yaitu menggunakan menu run. Pertama harus dicolokkan terlebih dahulu flashdisk ke Port USB yang ada di laptop atau komputer, kemudian klik pada menu windows atau start lalu pilih run dan ketik: compmgmt.msc, tunggu beberapa saat maka akan muncul programnya. Setelah itu klik dua kali pada program kemudian pilih storage. Lalu pilihlah menu disk Management, maka akan flashdisk akan segera terdeteksi. Kemudian formatlah flashdisk terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara untuk format flashdisknya sangatlah mudah, klik kanan flashdisk kemudian pilih menu format, ikuti saja langkah-langkah yang muncul pada layar monitor.

gambar cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca
2. Cara kedua
Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terdeteksi pada komputer atau laptop yang kedua yaitu menggunakan menu Control Panel. Anda bisa menemukan menu ini pada start menu. Setelah masuk ke dalam menu control panel pilihlah Add Hardware lalu ikuti langkahnya, sebelum mengikuti langkahnya pastikan jika flashdisk sudah terpasang dengan benar.  Ikuti saja langkah-langkahnya, jika flashdisk sudah terdeteksi maka Anda bisa memilih tombol cancel atau batalkan untuk menghentikan proses pendeteksian flashdisk. Anda bisa menggunakan menu ini untuk mendeteksi lebih dari satu flashdisk di komputer Anda.


3. Cara ketiga
Jika kedua cara sudah dilakukan tapi flashdisk tidak terdeteksi sama sekali maka Anda perlu menggunakan cara yang ketiga ini. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali ini harus menggunakan software tertentu yang akan membantu mencari flashdisk Anda. Biasanya jika cara 1 dan 2 tidak akan berhasil jika flashdisk Anda terkena virus. Jika hal ini terjadi, maka gunakanlah software khusus untuk mendeteksi flashdisk Anda yang sudah tidak bisa terbaca. Tools atau software yang sangat direkomendasikan untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca adalah HDD low level format.

Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan tapi flashdisk tetap saja tidak bisa terbaca ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama yaitu Port USB pada komputer atau laptop Anda rusak dan kemungkinan kedua flashdisk Anda memang sudah rusak. Anda bisa melakukan uji coba pada flashdisk Anda di komputer lain untuk memastikan apakah Port USB atau flashdisk Anda yang rusak. Anda bisa mencoba ketiga cara memperbaiki flashdisk ini untuk memperbaiki flashdisk Anda yang tidak bisa terbaca.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Terbaca Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ardiz