Ciri-Ciri, Kelebihan, dan Kelemahan Ban Tubeless Untuk Sepeda Motor dan Mobil

Tak sedikit orang lebih memilih ban tubeless dibandingkan ban biasa. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang menganggap bahwa ban tubeless lebih berkualitas dan lebih baik dibandingkan biasanya. Namun, sebelum kita memilih alangkah baiknya jika mengetahui ciri-ciri dan kelebihan kelemahan ban tubeless itu sendiri. Sebenarnya baik maupun tidaknya ban tubuless itu sendiri bergantung pada penggunaan kendaraan bermotor tersebut. Jadi, bisa dikatakan tak selamanya jenis ban tubeless ini tergolong lebih baik, bila pemakaiannya asal-asalan justru dapat merugikan. 

Ciri-Ciri Ban Tubeless

Ada beberapa ciri-ciri ban tubeless yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilihan jenis ban untuk kendaraan bermotor Anda, diantaranya :

1. Ciri-ciri ban tubeless itu sendiri bersifat lebih keras daripada ban biasa, adapun hal ini dikarenakan struktur dari karet ban tubeless lebih padat dan tebal. Bila Anda kerap kali melalui jalanan yang tidak rata atau rusak, sebaiknya memakai ban biasa. 


2. Ban tubeless sebenarnya memiliki kelemahan terutama bagi Anda yang sering menggunakan kendaraan di jalanan yang rusak. Jika dipaksakan untuk menggunakan ban tubeless ini, nantinya akan merusak bagian ban dan pelek itu sendiri. Ban akan mudah rusak pada jangka waktu tertentu.

3. Ban tubeless umumnya lebih cocok digunakan di area perkotaan pada kondisi jalan mulus tanpa hambatan. 

gambar artikel ban tubeless

4. Ketika menikung atau bermanuver, ban tubeless biasanya lebih menggigir serta stabil di kecepatan yang tinggi.

5. Ban tubeless sebenarnya tidak cocok digunakan di jalanan yang sering macet dan padat, yang memerlukan teknik selap-selip di area jalanan.  Hal ini berbeda dengan ban biasa dimana umumnya lebih enak digunakan di jalanan yang ramai.

6. Umumnya ban tubeless hanya dapat dipasangkan pada pelek racing, sementara pelek jenis jari-jari biasanya hanya dapat digunakan pada ban biasa.

7. Walaupun saat ini telah terdapat teknologi untuk memasang pelek jenis jari-jari memakai ban tubeless, hal ini tidak berarti jika pelek tersebut lebih cocok, jadi tidak bisa dipaksakan.

Kelebihan dan Kelemahan Ban Tubeless

Di samping ciri-ciri yang telah disebutkan diatas, ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang perlu kita ketahui mengenai ban tubeless, diantaranya :

1. Berdasarkan Bentuk Fisik
Ban tubeless sendiri merupakan jenis ban yang berbentuk lebih bulat dengan efek yang jelas di kecepatan yang tinggi untuk ban yang satu ini lebih mudah dan enak dianjak bermanuver sesuka hati, tergolong lebih stabil, serta membuat para pengendaranya menjadi semakin percaya diri. 

2. Ketahanan
Dari segi ketahanan sendiri ban tubeless yang biasanya terbuat dari komponen bertekstur lebih lunak. Dengan begitu masa pemakaian pun menjadi lebih pendek, dimana pada penggunaan ban sehari-hari sendiri dapat bertahan sekitar 1,5 tahunan atau lebih. 

3. Tahan Bocor
Saat ini banyak orang berpikir dan menganggap jika ban tubeless ini anti bocor, namun sebenarnya jawaban yang lebih tepatnya yaitu tahan bocor. Ban tubeless ini memang tak langsung mudah kempes saat terkena paku. Akan tetapi sebaiknya Anda segera membawanya ke jasa tambal ban jika ban ini terkena paku, sebab jika didiamkan lama kelamaan dapat merusak bagian steel belt pada ban. 

Dengan ciri-ciri, kelebihan dan kelemahan ban tubeless di atas tentunya sebagai pemilik kendaraan kita juga jangan melewatkan pemeliharaan dan perawatan harian ban. Lakukan pemeriksaan dengan berkala untuk ban tubeless, agar ban tersebut pun berfungsi dengan baik saat digunakan!