Pahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO Sebelum Ikut Asuransi Mobil

Di dalam hidup ini selalu penuh dengan ketidakpastian dan kemungkinan di masa depan. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga ketika hal buruk terjadi adalah dengan mengantisipasinya mulai dari sekarang. Salah satu contohnya adalah dengan mengasuransikan mobil. Asuransi mobil yang bagaimana yang akan Anda ikuti? Maka dari itu, mari kita membahas bersama mengenai perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO. Asuransi dilakukan untuk menjaga agar ketika terjadi resiko ada yang menanggung semua resiko tersebut. Asuransi berisi perjanjian yang sifatnya resmi antara Anda dengan pihak perusahaan asuransi.

Sudah menjadi tugas perusahaan asuransi untuk nantinya menanggung ketika resiko di masa depan terjadi dengan mobil Anda, karena apapun yang kita lakukan selalu mempunyai resiko yang mengikutinya. Sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu asuransi all risk dan apa yang dimaksud asuransi TLO. 

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Berikut perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO : 

1. Pengertian asuransi all risk dan asuransi TLO
Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO yang pertama adalah tentang pengertian asuransi all risk yang merupakan jaminan ganti rugi untuk biaya memperbaiki kerusakan-kerusakan mobil yang bersifat sebagian atau keseluruhan. Misalnya karena mobil menabrak sesuatu sehingga ada bagian-bagian yang lecet atau rusak, tertimpa benda-benda berat atau tajam, kecelakaan, kebakaran serta yang lainnya. Asuransi all risk juga menanggung biaya kehilangan terhadap mobil yang disebabkan oleh berbagai hal termasuk pencurian. Kemudian asuransi TLO (Total Lost Only) juga menanggung kerusakan dan kehilangan, hanya saja kerusakan yang terjadi minimal 75%.

gambar asuransi mobil all risk dan TLO


2. Harga asuransi all risk dan TLO
Asuransi All risk biasa disebut juga asuransi comprehensive karena memang sesuai dengan pertanggungannya yang komprehensif. Mengenai harganya, asuransi all risk dapat dikatakan lebih mahal karena memang perlindungan untuk konsumen cukup lengkap dan jika dipahami secara keseluruhan dari sistem asuransi all risk, harga yang ditawarkan adalah sepadan. Lain halnya dengan asuransi TLO yang cenderung lebih murah, karena memang asuransi ini hanya menanggung kerusakan dari mobil sekurang-kurangnya 75%. Jadi, ketika terjadi kerusakan kecil akan ditanggung oleh konsumen sendiri. Itu adalah perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO yang kedua. 

gambar asuransi mobil all risk dan TLO 2

3. Dilihat dari pemakaian
Adapun tips dalam menentukan apakah Anda harus memilih asuransi mobil all risk atau TLO dilihat dari perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO. Jika mobil yang Anda miliki sering terparkir di rumah, dalam artian dipakai jika dalam keadaan-keadaan tertentu atau jika memerlukan saja, maka akan lebih baik jika memilih asuransi TLO, karena Anda mempunyai kemungkinan minimal terhadap kerusakan-kerusakan mobil. Lain halnya jika Anda mempunyai usaha rental mobil otomatis mobil akan sering dipakai maka pilihlah asuransi all risk karena manfaat asuransi mobil all risk dapat menanggung biaya kerusakan bahkan yang kecil-kecil. 

Itulah beberapa perbedaan antara asuransi mobil all risk dan TLO yang bisa menjadi acuan mengenai asuransi apakah yang akan Anda pilih. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai premi dan klaim kedua asuransi ini agar lebih memantapkan pilihan Anda. Janganlah berpikiran bahwa mengasuransikan mobil tidaklah penting, karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di depan. 

Hal-hal detil seperti arti TLO dalam asuransi juga perlu dipahami seperti apa yang sudah tercantum diatas. Jangan sampai Anda memilih sebuah premi asuransi tanpa mengetahui sistem-sistemnya, hanya asal-asal ikut teman atau tetangga, karena yang akan menjadi pemegang polis adalah Anda sendiri. Kebutuhan Anda dan orang lain dapat saja berbeda karena kepentingannya juga berbeda. Ya, demikianlah perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO dan semoga bermanfaat.